Kemdikbud Realisasikan Sumbangan Hampir Rp100 Miliar

Paris —  Sumbangan US$10 juta atau hampir Rp100 miliar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Badan Pendidikan dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangas (UNESCO) dibagi dalam dua termin penyerahan. Penyerahan pertama sebesar US$6 juta atau hampir Rp600 miliar untuk kepentingan dana darurat, yang dimaksudkan untuk menutupi kekurangan dana UNESCO yang cukup besar. Realisasi sumbangan  ini disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh di sela-sela sidang Executive Board UNESCO di Paris pada 2 Maret lalu.

Seperti diketahui, akibat masuknya Palestina sebagai anggota UNESCO, Amerika Serikat dan Israel menarik sumbangannya ke UNESCO. Konsekuensinya, UNESCO kekurangan dana US72 juta atau hampir Rp720 miliar. Untuk menutupi kekurangan dana ini, selain melakukan efisiensi dan prioritas program, UNESCO aktif menggalang dana, melalui dana darurat.

Adapun termin kedua sumbangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebesar US$4 juta atau hampir Rp40 miliar akan diserahkan tahun depan. Sumbangan termin kedua dikhususkan sebagai dana bagi fund-in-trust,  atau dana kepercayaan. Pengelolaan dana ini dilakukan secara bersama antara Kemendikbud dengan UNESCO, termasuk program-program yang akan didanai. Sedangkan dana darurat, pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada UNESCO.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh dalam sambutannya memberi usulan, agar sumbangan itu dimaksudkan untuk membiayai kegiatan-kegiatan tertentu untuk negara-negara di wilayah Asia Tenggara, Afrika, dan Palestina. (PIH)

Dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Iklan
Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: