Indonesia dan Iran Perkuat Hubungan Bilateral Melalui Budaya

Jakarta – Republik Islam Iran kembali menyelenggarakan Pekan Budaya Islam Iran di Indonesia untuk ke-empat kalinya.  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh, menghadiri acara pembukaan yang diselenggarakan di Museum Nasional, Jakarta, Rabu (7/03).

Pekan Budaya Islam Iran kali ini mengusung tema “Menjembatani antara Timur dan Barat Dunia Islam”. Rangkaian kegiatan akan berlangsung pada 7-13 Maret 2012. Setelah dibuka dibuka hari ini, kegiatan berikutnya akan dimulai besok Kamis (8/03) ditandai dengan pemutaran film Iran di gedung perfilman Usmar Ismail, Jakarta, pukul 14.00.

Duta besar Iran, Mahmoud Farazandeh, menyampaikan, Iran dan Indonesia telah memulai hubungan bilateral sejak 62 tahun lalu. Namun demikian, berdasarkan bukti-bukti sejarah yang tercatat di masing-masing negara, hubungan kedua negara telah dimulai ribuan tahun melalui perdagangan.

Farazendeh mengungkapkan, banyak kesamaan yang dimiliki oleh Indonesia dan Iran. Baik dari segi kebudayaannya, maupun kiprahnya di dunia. “Indonesia negara merdeka, pelopor gerakan nonblok yang tidak memihak ke barat maupun ke timur, sama seperti Iran,” ujarnya. Melalui pekan budaya maupun acara budaya sejenis, dia yakin dapat memperluas hubungan kedua negara.

Mendikbud dalam sambutannya menyampaikan, Iran adalah sahabat lama Indonesia. Dia mengakui bahwa Iran memiliki kebudayaan yang luar biasa. “Dengan kesamaan itu kita sepakat untuk menghubungkan timur dan barat,” ujarnya.

Pembukaan Pekan Budaya Islam Iran ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman tentang pertukaran budaya kedua negara. Selain itu, ditandatangani juga logo perhimpunan persahabatan Indonesia-Iran.

Dalam kesempatan tersebut hadir Duta Besar Iran, Mahmoud Farazandeh, Menteri Kebudayaan dan Bimbingan Islam Iran, Seyyed Muhammad Husaini, Menteri Sosial, Salim Segaf Al-Jufri, Mantan Menteri Kelautan, Fadel Muhammad, Wakil Mendikbud Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso, dan berbagai seniman dari Republik Islam Iran. (AR)

Dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Iklan
Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: