3,75 M untuk 15 Pemenang Kompetisi Kekayaan Intelektual

Dalam rangka memacu kreativitas para dosen, peneliti, dan masyarakat untuk menghasilkan karya intelektual terbaik sebagai sumber penggerak ekonomi, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali menyelenggarakan Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL). Penyelenggaraan AKIL 2012 bekerja sama dengan lima kementerian, yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Riset dan Teknologi, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Djoko Santoso, secara resmi meluncurkan pembukaan pendaftaran Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa (AKIL) tahun 2012, pada Rabu, (2/5), di Gedung D Kemdikbud, Jakarta. AKIL tahun ini bertemakan “Menjadi Inovator Kelas Dunia”. AKIL dinilai merupakan ajang yang tepat untuk mengaktualisasikan harapan menjadi inovator kelas dunia yang menghasilkan kekayaan intelektual yang berdaya guna dan berhasil guna. Inovasi dan kreasi tersebut diharapkan dapat menggerakkan industri dan perekonomian, dan dapat menyelesaikan masalah dalam masyarakat yang terkait dengan lingkungan.

Penerima AKIL adalah mereka yang lolos seleksi dari penilaian yang dilakukan oleh Tim Penilai Independen yang melibatkan unsur pemerintah, asosiasi, pengusaha, dan akedemisi, yang ditetapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Penilaian berpedoman pada kriteria yang sesuai dengan kategori anugerah masing-masing, yaitu Kategori Teknologi (penghasil paten), Kategori Varietas Tanaman (PVT), Kategori Ilmu Pengetahuan (penghasil hak cipta), dan Kategori Industri Kreatif.

Sebanyak 15 pemenang masing-masing akan mendapatkan penghargaan berupa piagam dan uang tunai sebesar Rp 250 juta. Pendaftaran dibuka mulai 2 Mei 2012 hingga 2 Juli 2012. Pengumuman calon pemenang akan disampaikan pada 20 Juli 2012 melalui laman www.anugerahkekayaanintelektual.com. Sedangkan pemberian anugerah akan dilaksanakan pada 17 Oktober 2012 oleh Menteri terkait (berdasarkan kategori kompetisi). (DM)

Dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Iklan
Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: