Kemdikbud Buka Akses Pendidikan Untuk Cegah Bencana Demografi

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyiapkan langkah strategis, untuk menyambut bonus demografi yang dialami Indonesia pada 2010-2035. Bonus demografi adalah kondisi dimana jumlah usia produktif jauh lebih besar daripada usia dini dan lanjut usia. Langkah-langkah tersebut diambil dalam upaya mencegah agar bonus demografi tidak menjadi bencana demografi.

Disampaikan Mendikbud, dunia pendidikan merupakan satu-satunya sistem yang bisa secara masif membentuk karakter anak bangsa. Langkah-langkah tersebut dimulai dengan membuka akses selebar-lebarnya bagi setiap warga negara untuk mengenyam pendidikan. Mulai dari pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi.

“Hambatan akses, sosial ekonomi, geografis, dan hambatan personal, harus dieliminasi,” kata Mendikbud usai upacara hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2012, di halaman gedung Kemdikbud, Rabu (2/05).

Selanjutnya, kata Mendikbud, proses belajar dan mengajar harus baik. Jangan sampai ketika anak-anak ke sekolah tidak diajari apa-apa, atau diajari yang tidak baik. Begitu juga dengan kurikulum dan bahan ajar. Mendikbud mengajak dinas pendidikan, sekolah, dan masyarakat untuk ikut menyeleksi buku dan bahan ajar lainnya yang akan disampaikan kepada siswa.

Mendikbud juga mengharapkan peran media dalam proses pendidikan. “Dunia media dan masyarakat juga harus mendukung,” katanya. Salah satu peran media adalah menyosialisasikan gerakan PAUD-isasi yang telah dicanangkan oleh presiden pada hari anak nasional tahun 2011 lalu. (AR)

Dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Iklan
Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: