Badan Bahasa Menggelar Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2012

Jakarta—Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2012 di Gedung Samudra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pada hari Selasa, 30 Oktober 2012. Acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2012 merupakan akhir  penyelenggaraan Bulan Bahasa dan Sastra 2012 yang dilaksanakan selama satu bulan pada bulan Oktober 2012. Tema yang diangkat dalam Bulan Bahasa dan Sastra 2012 ialah “Bahasa Indonesia Perekat Kerukunan Hidup Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”.

Acara Puncak Bulan Bahasa dan Sastra 2012 dihadiri oleh pejabat Kemendikbud, Kepala Badan Bahasa, pejabat Badan Bahasa, guru, mahasiswa, siswa, dan masyarakat umum. Dalam acara puncak itu diumumkan para pemenang lomba dan sayembara, pemberiaan penghargaan dan penyerahan hadiah, serta ditampilkan tari penyambutan (tari Puspa Wresti) dan musikalisasi puisi dari siswa SLTA.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Bahasa, Prof. Dr. Mahsun, M.S., menyatakan bahwa kondisi bahasa Indonesia sekarang ini tidak menjadi tuan di negeri sendiri. Hal itu membuat Badan Bahasa sebagai satu-satunya institusi pemerintah yang membidangi masalah kebahasaan dan kesastraan secara rutin menyelenggarakan kegiatan bulan bahasa dan sastra karena bahasa sebagai organisme tumbuh dan berkembang.

Berkaitan dengan pertunjukan musikalisasi puisi yang dibawakan oleh SMAN 6 dan SMAN 70 Jakarta, Mahsun menanggapi bahwa pertunjukan tersebut merupakan kolaborasi yang menyiratkan bahwa bahasa dan sastra mampu menyatukan sekolah tersebut menjadi lebih baik karena selama ini sekolah tersebut bermusuhan.

Tujuan Bulan Bahasa dan Sastra 2012 ialah menumbuhkembangkan kecintaan masyarakat terhadap bahasa dan sastra Indonesia dalam rangka mempererat kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menuju masyarakat Indonesia yang berkarakter dan berdaya saing tinggi.

Bulan Bahasa dan Sastra tahun ini melibatkan siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum. Adapun kegiatan yang dilakukan meliputi Pemberian Penghargaan Adibahasa, Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak (Tingkat Nasional), Debat Bahasa Antarmahasiswa Se-Jabodetabek dan Banten, Pemilihan Duta Bahasa (Tingkat Nasional), Parade Mural Cinta Bahasa Indonesia, Sayembara Penulisan Proposal Penelitian Kebahasaan dan Kesastraan (Tingkat Nasional), Sayembara Penulisan Cerpen Remaja (Tingkat Nasional), Lomba Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Peserta BIPA (Tingkat Internasional), Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan  (Tingkat Nasional), dan Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SLTA se-Jabodetabek. (an/lus)

dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa

Iklan
Categories: Berita | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: