Lomba Berbalas Pantun Antarmahasiswa

KETENTUAN LOMBA BERBALAS PANTUN ANTARMAHASISWA

 

1. Peserta

1) Peserta merupakan kelompok/tim yang beranggotakan 3 orang.

2) Anggota kelompok terdiri atas mahasiswa dari universitas yang sama.

3) Kompetisi ini diikuti oleh 20 tim. Setiap kabupaten/kota diharapkan dapat mengirim 3 tim (9 orang)

4) Peserta menyerahkan daftar nama peserta lomba, fotokopi kartu mahasiswa, dan surat keterangan dari pimpinan universitas

5) Peserta wajib memahami lomba dan menyepakati seluruh ketentuan lomba.

 

2. Materi Lomba

Tema Lomba Berbalas Pantun adalah “Cinta Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai bentuk rasa peduli dan apresiasi terhadap bahasa dan sastra Indonesia”. Pantun yang dilombakan pada babak penyisihan merujuk pada tema tersebut. Pada tahap selanjutnya pantun yang dibawakan harus merujuk pada topik yang diberikan oleh pemandu ketika lomba berlangsung.

 

3. Teknis Pelaksanaan

Pelaksanaan Lomba Berbalas Pantun ini terdiri atas 3 tahap, yaitu

a. Tahap I ( Babak Penyisihan I )

1) Diikuti oleh semua tim peserta

2) Satu tim berhadapan dengan satu tim lainnya sebanyak satu kali sesuai undian dan tim yang kalah dinyatakan gugur. Tim yang sudah mendaftar tetapi tidak hadir dinyatakan gugur dan tim lawan dinyatakan menang.

3) Pasangan tim yang akan berbalas pantun dipilih lewat undian yang dilakukan sebelum lomba dimulai

4) Durasi berbalas pantun 10 menit untuk satu termin

5) Tiap peserta di dalam satu tim diberi kesempatan untuk menjual atau membeli pantun

6) Peserta semaksimal mungkin berpikir selama 30 detik, lebih dari itu lawan bisa melempar pantun kembali

7) Tim peserta diharapkan mengikuti subtema yang diberikan oleh pemandu pantun

8) Sepuluh tim yang mendapat nilai tertinggi dapat mengikuti semifinal

 

b. Tahap II (Babak Penyisihan II)

1) Diikuti oleh sepuluh tim peserta yang menang dalam babak penyisihan I

2) Satu tim berhadapan dengan satu tim lainnya sebanyak satu kali

3) Pasangan tim yang akan berbalas pantun dipilih lewat undian yang dilakukan sebelum lomba dimulai

4) Durasi berbalas pantun 10 menit untuk satu termin

5) Tiap peserta di dalam satu tim diberi kesempatan untuk menjual atau membeli pantun

6) Peserta semaksimal mungkin berpikir selama 30 detik, lebih dari itu lawan bisa melempar pantun kembali

7) Tim peserta diharapkan mengikuti tema yang diberikan oleh pemandu pantun

8) Lima tim yang menang dapat mengikuti babak semifinal

 

c. Tahap III (Babak semifinal)

1) Diikuti oleh lima tim peserta yang menang dalam babak penyisihan II

2) Satu tim berhadapan dengan satu tim lainnya

3) Pasangan tim yang akan berbalas pantun dipilih lewat undian yang dilakukan sebelum lomba dimulai. Oleh karena tim peserta pada babak ini ganjil, satu tim peserta mendapat bye (bebas tanding) yang dipilih lewat undian

4) Ada dua kali pertandingan pada babak ini

5) Pertandingan akan dilakukan oleh tim peserta yang tidak memperoleh bye melawan satu tim lawannya

6) Durasi berbalas pantun 10 menit untuk satu termin

7) Tiap peserta di dalam satu tim diberi kesempatan untuk menjual atau membeli pantun.

8) Peserta semaksimal mungkin berpikir selama 30 detik, lebih dari itu lawan bisa melempar pantun kembali

9) Tim peserta harus mengikuti topik yang diberikan oleh pemandu lomba

10) Tim yang menang diundi lagi untuk mendapatkan bye

11) Tim yang mendapat bye berhak mengikuti babak final.

12) Tim yang mendapat bye pada undian sebelumnya melawan tim yang tidak mendapat bye pada undian kali ini.

13) Tim yang menang maju ke babak final, tim yang kalah menjadi pemenang III

 

d. Tahap IV (Babak final)

1) Tim peserta, pemenang pada pertandingan terakhir babak sebelumnya bertanding di babak ini dengan tim yang mendapat bye terakhir pada babak sebelumnya

2) Durasi berbalas pantun 10 menit untuk satu termin

3) Tiap peserta di dalam satu tim diberi kesempatan untuk menjual atau membeli pantun

4) Peserta semaksimal mungkin berpikir selama 30 detik, lebih dari itu lawan bisa melempar pantun kembali

5) Tim peserta harus mengikuti topik yang diberikan oleh pemandu lomba

6) Tim yang menang menjadi pemenang I, dan yang kalah menjadi pemenang II

 

4. Sistem Penilaian

1) Pantun yang dinilai adalah pantun yang dibuat langsung oleh peserta. Selain itu penilaian juga memperhatikan aspek berikut.

 No. Kriteria Penilaian Persentase
 1. Isi pantun(Kekreatifan peserta, bahasa yang digunakan, dan bobot pantun) 40 %
 2. Struktur pantun(Jumlah baris, jumlah suku kata, dan sajak/rima) 30 %
 3. Kesesuaian pantun(Kesesuaian dengan tema, kesesuian dengan pantun sebelumnya) 30 %

 

2) Penilaian antara 0-100.

3) Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

 

(Untuk kembali ke laman Informasi Lomba, silakan klik di sini.)

Iklan
Categories: Kegiatan, Pekan Sastra | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Lomba Berbalas Pantun Antarmahasiswa

  1. Ping-balik: Lomba Kebahasaan dan Kesastraan | KANTOR BAHASA PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: